Jalan Pertamina Margonda Jadi Indah Berkat Pol PP, Pertagas Dan Masyarakat

8
Setelah dilakukan pembersihan sampah ( Foto : Iik )
Sampah Sebelum di lakukan pembersihan ( Foto : Ist)

BERIMBANG.COM, Depok – Jalan Margonda Raya ( Terusan Jalan Juanda ) di lahan milik Pemerintah Kota Depok dan Lahan milik Pertogas Pertamina menjadi tempat yang indah di kawasan tersebut, pasalnya lahan yang dahulu tidak terurus alias kumuh sangat nampak tidak indah dipandang mata yang melihatnya.

Sedangkan lahan tersebut merupakan wilayah jantung kota Pemerintah Kota Depok yang semestinya mendapatkan perhatian dari masyarakat maupun pemerintahnya sendiri untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.

Menurut Sungkowo Pudjo Dinomo atau biasa akrab dipanggil Bowo menuturkan, kawasan tersebut dahulunya adalah sampah yang tiap harinya menggunung dikarenakan masyarakat sekitar atau yang melintas dilihatnya sering membuang sampah seenaknya. 

" Sayapun sempat menegur pembuang sampah karena saya prihatin dengan masyarakat yang tidak peduli dengan kebersihan, kalau dibiarkan pastinya akan terus menumpuk dan sampah semakin banyak," ungkap Bowo di saung Komunitas Kampung Kita ( K3D) belum lama ini.

Ditambah lagi, masih menurut Bowo, banyaknya lagi lapak – lapak rongsokan makin menjamur memadati area tersebut sehingga menambah tidak sedap dipandang mata dan semakin nampak kumuh dilihatnya.

" Selain sampah menumpuk, disini juga banyak pemulung yang mencari barang – barang bekas untuk dijual layaknya TPA di cipayung.

Lanjut Bowo, dalam tahap penertiban di mulai sejak tahun 2014 di bagi tiga tahap penertiban tahap 1 margonda sebelah timur di lakukan di bulan Desember 2014 selanjut tahap ke ke dua Margonda sebelah barat sampai rel kereta api lalu tahap ketiga dari Pesantren Nuruzzahroh sampai Jalan Raya Bogor.

Setelah dilakukan pembersihan sampah ( Foto : Iik )

Penertiban dan pembuangan sampah dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja ( Pol PP ) Kota Depok yang waktu itu dipimpin oleh Nina Suzana bersama Pertagas Pertamina dan Masyarakat setempat.

" Kami buang sampahnya saja diperkirakan 68 tronton karena sampahnya sangat dalam dengan bantuan alat berat ," ucapnya.

Sambung Bowo,  keterlibatan Pol PP Depok  yang melakukan penertiban sampai tuntas begitupun dalam pengngkutan sampah lalu pasca penertiban nya di jaga dan di tata oleh masarakat

Kendala yang dialaminya adalah penertiban lapak pemulung yang sulit sekali untuk diminta pindah ketempat lain hingga mendapat perlawanan. Karena kepedulian dan semangatnya proses penertiban pemulung dapat diselesaikan walaupun negosiasinya sangat alot.

Dari hasil upaya yang dilakukannya serta perjuangan yang tidak sia -sia, sekarang kawasan Jalan  Pertamina di penuhi tanaman hias dan bangunan  khas betawi seperti perkampungan betawi lalu untuk melanjutkan kewilayah lainnya, Bowo mendirikan Komunitas Kampung Kita Depok. ( Iik).