Categories: Nasional

DPR RI Temukan Kejanggalan Proyek Hanggar Senilai 46,2 M

Konstruksi hanggar Bandara Sultan Hasanuddin Makassar roboh dan menewaskan tiga pekerja (Foto : Ist)

BERIMBANG.COM, Makassar –  Komisi V DPR RI meninjau lokasi robohnya hanggar kalibrasi di Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar di Maros, Jumat (13/3), untuk mengumpulkan keterangan terkait kasus yang menewaskan lima orang dan melukai 14 orang pekerja hanggar.

Sebanyak 15 anggota Komisi V DPR yang dipimpin ketuanya, Michael Wattimena dari Fraksi Partai Demokrat, mengunjungi lokasi dan memeriksa hanggar yang roboh, Senin lalu.

Dari kunjungan tersebut anggota komisi menemukan sejumlah kejanggalan terkait pembangunan hangar, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) senilai Rp 46,2 miliar itu.

“Saya melihat dari proses perencanaan awal hingga kualitas pekerjaannya kurang bagus, pihak Kementerian Perhubungan perlu menginvestigasi ini,” ungkap anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Markus Nari, setelah mengamati perencanaan pembangunan dan memeriksa mutu bangunan yang roboh itu.

Anggota DPR RI asal Sulsel itu tak merinci lebih detail kejanggalan yang didapatinya. Namun menurutnya, terkait temuan itu Komisi V DPR merencanakan akan segera melakukan rapat dengar pendapat (RDP) dan mendesak Kementerian Perhubungan melakukan investigasi terhadap proyek tersebut.

Jika ada indikasi korupsi dalam pelaksanaan proyek tersebut segera laporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Saya melihat ada dua yang harus bertanggung jawab dalam peristiwa ini, pihak Kementerian Perhubungan dan kontraktor yang mengerjakan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), H Agus Arifin Nu’mang yang mendampingi Komisi V DPR meminta pihak otoritas bandara, Angkasa Pura dan Kepolisian mengusut tuntas persoalan ini, apalagi peristiwa tersebut sampai menelan korban jiwa.

Kapolres Maros, AKBP Hotman Sirait menjelaskan kepada anggota Komisi V DPR terkait penyelidikan kasus tersebut. Menurutnya, pihaknya sudah memeriksa 18 saksi dari kalangan pekerja, kepala tukang, dan bagian konstruksi.

“Penyidik masih memfokuskan penyelidikan pada masalah kecelakaan kerja terlebih dahulu. Sebab saat kami datang ke TKP ada korban jiwa, faktor keselamatan kerja di proyek itu yang lebih dulu kita selidiki,” katanya.

Secara umum, tambah Hotman, jika melihat aspek K3, pelaksanaan kegiatan kerja di hangar tersebut sudah mematuhi prosedur yang berlaku. Para pekerja memakai helm, mengenakan tali pengaman. Penyelidikan ke depan terkait masalah teknis dan itu harus melibatkan saksi ahli.

“Kalau masalah SOP dan sebagainya sudah terpenuhi, nanti baru masuk ke faktor teknis konstruksi dan kita akan hadirkan saksi ahli,” ucapnya. (SP)

Share

Recent Posts

Andri Gunawan Siap Mencalonkan LPM Bedahan 2019 – 2022

BERIMBANG.COM, Depok -  Pembentukan panitia belum terbentuk dalam rangka pemilihan ketua LPM kelurahan Bedahan, Andri Gunawan yang akrab di sapa… Read More

4 jam ago

LSM PENJARA Minta Walikota Depok Tindak Tegas Perumahan Tak Ber – IMB

BERIMBANG.COM, Depok - DPP Lembaga Swadaya Masyarakat Pemantau Kinerja Aparatur Negara ( LSM PENJARA ) menyoroti maraknya perumahan di Kota… Read More

4 jam ago

Belum Mengantongi IMB, DPMPTSP Depok Bakal Tindak Perumahan Cluster Di Pasir Putih

BERIMBANG.COM, Depok - Banyaknya bangunan perumahan berbentuk cluster Di Kota Depok khususnya di wilayah Kelurahan Pasir Putih bakal ditindak dengan… Read More

18 jam ago

Perumahan Cluster Di Pasir Putih Banyak Tak Berizin

BERIMBANG.COM, Depok - Maraknya perumahan berbentuk Cluster atau hanya beberapa unit di kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan Kota Depok banyak… Read More

2 hari ago

Polsek Cijeruk Dan Basamu Berikan Air Bersih Kepada Masyarakat Cijeruk

BERIMBANG.COM, Bogor - Musim Kemarau yang berkepanjangan membuat beberapa Warga di Kabupaten Bogor dan sekitarnya kesulitan untuk mendapatkan Air Bersih, karena… Read More

3 hari ago

Muspika Kec Cigombong Melaksanakan Upacara Bendera Dalam Rangka Peringati HUT RI Yang Ke-74

BERIMBANG.COM, Bogor – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) menjadikan sebuah kewajiban bagi seluruh Instansi Pemerintahan,… Read More

4 hari ago