300 Petugas Gabungan Tertibkan 539 Lapak PKL

8

BERIMBANG.COM, Bogor- 300 petugas gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor dan petugas Kepolisian di bantu TNI di terjunkan untuk menertibkan 539 lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Puncak, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/9/2017).

Kepala Bidang (Kabid) Perundang-Undangan Satpol PP Kabupaten Bogor, Agus Ridho menjelaskan, penertiban bangunan liar (Bangli) dan lapak PKL di kawasan Puncak merupakan tindak lanjut dari rencana pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengurai kemacetan di jalur Puncak dengan cara di lebarkan yakni 2 meter sisi kiri dan 2 meter sisi kanan.

“Untuk penertiban PKL tahap satu ini, di mulai dari pertigaan simpang Taman Sapari Indonesia (TSI), Desa Cibereum sampai dengan Pintu Tol Gadog, Ciawi,” kata Agus Ridho kepada wartawan saat pembongkaran ratusan lapak PKL di kawasan Puncak.

Lebih lanjut, Agus Ridho, penertiban PKL tersebut sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 54 tahun 2011 tentang standar operasional prosedural (SOP) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Peraturan Daerah (Perda) nomor 4 tahun 2015 tentang Ketertiban Umum (Tibum) dan Peraturan Bupati (Perbub)Bogor nomor 66 tahun 2016 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor.

“Artinya, penertiban PKL ini sudah betul-betul mengacu kepada SOP,” tegasnya.

Sementara itu, imbas dari penertiban PKL tersebut membuat arus lalu lintas dikawasan itu mengalami kemacetan panjang. (Na/Wan)