Published On: Sat, Sep 2nd, 2017

Wakil Walikota Tinjau Pemotongan Hewan Kurban di Kelurahan Kukusan

Share This
Tags

BERIMBANG.COM, Depok – Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna meninjau secara langsung pelaksanaan pemotongan hewan kurban di sejumlah titik yang terdapat di Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji. Peninjauan tersebut dilakukan guna memastikan hewan yang dikurbankan dalam keadaan sehat dan layak untuk dikonsumsi.

“Pada hari ini kami melakukan peninjauan di tiga tempat pemotongan yang terdapat di RW 04 Kelurahan Kukusan. Ketiga lokasi tersebut yaitu di RT 03, Masjid Al-Barokah, serta di RT 02,” ujar Pradi kepada depok.go.id, disela-sela pelaksanaan peninjauan hewan kurban, Sabtu (02/09/2017).

Pradi menuturkan, setiap pelaksanaan pemotongan, hendaknya menyesuaikan dengan ajaran agama Islam serta mempertimbangkan sejumlah aspek yang berkaitan dengan faktor kesehatan. Dirinya mencontohkan, dalam syariat Islam diwajibkan untuk menyembelih hewan kurban dengan menggunakan pisau yang sangat tajam.

“Hal ini bertujuan agar pada saat menyembelih, kita tidak menyiksa hewan tersebut. Kalau pisau yang digunakan tidak tajam, nantinya hewan yang dikurbankan  menjadi tersiksa. Hal tersebut tidaklah diperbolehkan dalam ajaran Islam,” tuturnya.

Lebih lanjut, Pradi menjelaskan, untuk Hari Raya  Iduladha 1438 Hijriah, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok juga telah mengerahkan sejumlah tenaga ahli pemeriksa kesehatan hewan kurban. Setiap tenaga ahli kesehatan tersebut, disebar ke-63 Kelurahan yang terdapat di Kota Depok.

“Untuk pemotongan kurban di tahun ini kami memang telah menugaskan secara khusus kepada para tenaga pemeriksa kesehatan hewan kurban agar menyebar ke seluruh kelurahan di Kota Depok. Hal ini bertujuan untuk memastikan agar setiap hewan yang akan dipotong benar -benar dalam kondisi yang sehat,” terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Pemotongan Kurban RT 02 RW 04 Kelurahan Kukusan, Sunaryo mengatakan, tahun ini, panitia melaksanakan pemotongan hewan kurban sebanyak 4 ekor sapi dan 14 ekor kambing. Sunaryo menjelaskan, setiap hewan yang dijadikan kurban telah melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan.

“Kami telah lakukan pengecekan, apakah hewan tersebut sehat dan cukup umur untuk disembelih. Serta apakah setiap hewan yang akan dipotong telah dipasangi pin dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP),” katanya.

Dalam pelaksanaan pemantauan tersebut, Pradi Supriatna tidak hanya memeriksa kesehatan hewan kurban saja. Namun, dirinya juga membantu pihak panitia untuk melakukan pemotongan 4 ekor sapi yang menjadi hewan kurban di RT 02 RW 04.

“Alhamdulillah, kami selaku panitia senang sekali dengan kedatangan Pemkot Depok melalui Wakil Walikota ini. Karena selain memeriksa kondisi hewan-hewan kurban kami, beliau juga turut berpartisipasi dalam proses pemotongan kurban di tempat kami,” tandasnya.*

About the Author