Published On: Sun, Sep 3rd, 2017

Soal Rohingya, Ini Pernyataan HNW Untuk Presiden RI

Share This
Tags

 

Demo di Kedubes Myanmar, Saptu,(2/9)

BERIMBANG.COM, Jakarta,-Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid meminta pemerintah untuk tidak diam. Ia meminta Presiden Joko Widodo untuk mulai angkat bicara terhadap kekerasan etnis Rohingya yang dilakukan pemerintah Myanmar sebagaimana yang pernah dilakukan saat ada teror di Paris dan London.

Kekerasan itu juga dianggap telah melanggar prinsip kemanusiaan, HAM dan bahkan menjurus kepada genosida.

"Yang terjadi di Rohingya lebih mengerikan dari aksi teroris di Paris dan London, tetapi sampai sejauh ini kita belum dengarkan satu ungkapan apapun dari Pak Presiden. Padahal ini jelas akan menghadirkan dampak apapun di negara-negara Asia," ujar Hidayat di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Minggu (3/9).

Menurutnya, pemerintah Indonesia mesti mendorong negara-negara yang tergabung dalam ASEAN untuk memberikan sanksi terhadap Myanmar. Salah satunya, pembekuan Myanmar dari keanggotaan ASEAN.

"Ini satu hal yang dikoreksi sangat keras termasuk oleh Indonesia. Indonesia penting lakukan lobi maksimal sehingga ASEAN bekerja menegaskan ini bertentangan dengan prinsip ASEAN bertentangan dengan prinsip masyarakat ekonomi ASEAN, ini hadirkan tragedi ASEAN," kata pria yang akrab disapa HNW itu seperti dilansir RMOL.co. (red/int)

About the Author