Berita UtamaDepok

Rutan Cilodong Raih ISO 9001:2015

Spread the love

BERIMBANG.COM, Depok – Bertepatan dengan HUT PAS ke-54 dan HUT Depok ke-19 pada 27 April, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Cilodong meraih standar ISO 9001:2015.

Bersamaan dengan itu dilakukan juga peresmian ruang perpustakaan di dalam Rutan Cilodong oleh Walikota Depok, Muhammad Idris,Jum'at,(27/4).

Walikota menilai, keberadaan perpustakaan merupakan langkah positif yang bisa jadi inspirasi bagi lembaga serupa sebagai wujud pelayanan prima bagi para narapidana.

Menurutnya, adanya sarana seperti ini bisa saja nantinya akan tumbuh bakat seni sebagai penulis, atau bakat lainya dari para penghuni Rutan. 

"Selamat atas raihan standart ISO 9001:2015, dan semoga upaya positif seperti ini bisa jadi inspirasi di Rutan dan Lapas lainnya," kata Idris usai resmikan perpustakaan di Rutan Cilodong.

Kepala Rutan kelas IIB Cilodong, Sohibur Rachman menyatakan rasa terima kasih atas apresiasi yang diberikan Walikota Depok pada Lapas dan warga binaan Rutan yang notabane 90% merupakan warga Depok.

"Terimakasih atas atensi serta apresiasi dan support yang diberikan pak Walikota beserta jajaran pada warga kami", kata Ka Rutan.

Menurutnya, para warga binaan pasti miliki titik jenuh. Dengan adanya sarana bacaan, merupakan salah satu misi menguatkan para warga binaan yang ada di dalam Rutan.

Sejauh ini, Sohibur mengatakan buku bacaan yang kini ada di perpustakaan berasal dari dinas arsip perpustakaan Pemkot Depok. Jumlahnya sebanyak 200 buku.

"Kedepan, melihat masih luasnya ruang perpustakaan yang kami miliki, pihak Pemkot masih akan mensupport dengan akan menambah jumlah buku bacaan," terangnya. 

Waktu baca yang bisa dimanfaatkan para warga binaaan Rutan antara jam 08:00 sampai 11:30 wib. Jam 13:00 sampai 16:00 wib. Dua waktu itu merupakan hak para Napi untuk membaca.

Dengan hadirnya perpustakaan, Sohibur berharap akan jadi ruang bagi warga binaan untuk bisa berexspresi. "Siapa tahu kedepan setelah keluar nanti mereka bisa menjadi penulis, konseptor cerita ataupun lainya," ujarnya.

Bersamaan dengan peresmian, lounching album dari warga binaaan jg dilakukan. Kreasi dan potensi dibidang seni tarik suara dan musik juga ditumbuh kembangkan. Lima karya lagu warga binaan kini dapat di akses di youtube. (ko)