Published On: Thu, Jul 5th, 2018

Pileg 2019, Politisi Muda Siap Kuasai Legislatif

Share This
Tags

BERIMBANG.COM, Bogor – Tak terasa, Pemilu legislatif 2019 akan segera datang, warna baru dalam kancah politik khususnya di Kabupaten Bogor diprediksi bakal tersaji dengan hadirnya sejumlah tokoh muda yang siap ingin menguasai legislatif di Bogor.

Sejumlah politisi berpengalaman yang kini duduk di legislatif periode 2014-2019 memang tak diragukan elektabilitasnya, serta popularitas yang telah dimiliki selama 5 tahun bahkan 10 sampai 15 tahun terakhir menjadi modal utama untuk maju lagi.

Menurut Andri Suryadi, Pengamat Politik Muda ini, Posisi incumben selaku wakil rakyat sangat jelas menguntungkan dalam menjaga suara konstituen yang loyal terhadap dirinya. "Namun demikian, posisi tersebut bakal tidak aman jika ada sesuatu hal yang telah menyakiti massanya selama menjabat sebagai pengemban amanah rakyat di DPRD Kabupaten Bogor" Tuturnya.

Andri menilai dalam proses pelaksanaan Pilkada Kabupaten Bogor 2018, tak sedikit wakil rakyat yang berjuang mati-matian untuk memenangkan pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati yang diusung oleh partai politik pengusung maupun pendukungnya. "Bisa saja dengan cara sedikit memaksa harus menekan konstituennya berpihak pada paslon yang dijagokannya, padahal secara umum belum tentu apa yang diinginkan oleh rakyat juga sama dengan paslon usungan parpol", Ungkap Andri. Rabu (04/07/2018).

Selain itu, adanya sedikit penekanan justru merugikan dirinya sendiri dan diperkirakan bakal mempengaruhi jumlah suaranya pada Pileg 2019 nanti. Simpati pemilih bisa jadi akan bergeser kepada calon lain yang dapat memanfaatkan kondisi itu.

Para incumben legislatif Kabupaten Bogor sepertinya perlu memperhitungkan dan mewaspadai munculnya wajah-wajah baru, khususnya politisi muda yang bakal diprediksi akan siap maju bertarung pada Pileg 2019 tahun depan.

Diantaranya, Sebut saja Daden Ahmad Sughiri, pemuda asal Kecamatan Pamijahan yang aktif dalam Dunia Pendidikan dan Advokasi Masyarakat. Dirinya pun aktiv menjadi menjadi Pengurus DPD Golkar Kab. Bogor selain dan juga sebagai Wakil Ketua DPD AMPI Kab. Bogor Organisasi yang merupakan Underbouw Partai Golkar, menjadi salah satu pesaing yang patut diwaspadai.

Tokoh muda lainnya adalah Ruhiyat Sujana, kader muda Partai Demokrat asal  Kecamatan Pamijahan ini, tentu tak akan tinggal diam untuk meraup suara jika maju di Pileg tahun depan.

Sementara, salah satu muka baru yang juga masih tergolong muda adalah Dinar Nurhasah Politisi berparas cantik ini dari partai Hanura asal  Kecamatan Ciampea mewakili kaum perempuan. Ia pun saat ini memegang peranan penting dalam Struktur DPC kabupaten Bogor Partai Hanura.

Report : Haidy Arsyad/yosef

About the Author