Pengamat IPI : DPR Tidak Sahkan RUU Terorisme, Presiden harus Keluarkan Perppu


BERIMBANG.COM, Jakarta – Sejauh ini penerapan Undang-undang  Antiterorisme No. 15 Tahun 2013 masih sangat lemah dan begitu mendesak untuk dilakukan revisi. 

Pasalnya, sejauh ini Undang-undang Antiterorisme ini tak bertaji dan masih tumpul.

Menurut pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie, pelaku pembom jangan pernah dikaitkan dengan pelanggaran HAM. 

"Ingat! UU HAM tidak berlaku bagi teroris yang melakukan pembunuhan. Kalau perlu para teroris ini langsung di habisi," tegas dia.

Lanjut ujar dia, perlu juga ditambah bagi fans maupun followers bagi kelompok maupun jaringan teroris perlu diciduk.

"Ada kejanggalan saat ada partai yang masih membela paham radikalisme dan masih ngotot tidak mau dilakukan revisi atas undang-undang tersebut," kata Jerry.

Ditambahkan Jerry, kejadian yang terjadi di Surabaya yang menewaskan sedikitnya 12 orang, yang dilakukan oleh satu keluarga diduga dari jaringan JAD telah membuka mata kita.

Apalagi ujarnya, pembunuhan terhadap 6 polisi di MAKO Brimob Depok oleh pelaku yang juga pernah dihukum lantaran aksi terorisme. Setidaknya perlu dicegah agar tidak menyebar. Bukan itu saja Kantor Poltabes Surabaya diserang.

"UU No 15 Tahun 2013 tentang Anti Terorisme tak boleh dihalangi sudah saatnya direvisi  Dan jika ada partai pendukung maka perlu ada pasal pembubaran partai tersebut dan ada anggota DPR yang bersekongkol, bahkan ada statement mendukung kelompok teroris maka perlu dipecat bahkan dipenjarakan," katanya.

Jerry pun mendukung langkah presiden dan Kapolri yang setuju UU tersebut ini direvisi atau ditinjau ulang. Bahkan bisa dikeluarkan Perppu. Nanti jika ada polisi menembak pelaku teroris maka tidak perlu dikaitkan dengan HAM. 

"Karena ini sangat urgent bagi kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara, kalau DPR tak sahkan RUU Terorisme, maka Presiden bisa segera keluarkan Perppu," tutur dia.

Comments are closed.

Recent Posts

SMPN 1 Caringin, UNBK Di Hari Terakhir Berjalan Lancar Sesuai Yang Direncanakan

BERIMBANG.COM, bogor- Sebanyak 328 Siswa - Siswi SMPN 1 Caringan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (unbk) ditambah 23 siswa -… Read More

14 jam ago

Jalur SSA A R Hakim Menjadi Kendala Pendistribusian Kotak Suara Di Kemirimuka

BERIMBANG.COM, Depok - Antusias  pemilih di Kelurahan Kemirimuka, Beji Kota Depok terlihat di beberapa TPS. Padatnya warga yang akan memberikan… Read More

1 minggu ago

Camat Cigombong Lantik Lima Pjs Kades Di Wilayah Kecamatan Cigombong

BERIMBANG.COM, Bogor - Untuk menjaga pelayanan publik tetap terselenggara Camat Cigombong melantik Penjabat Pementara (Pjs) Kepala Desa (Kades) di wilayah… Read More

1 minggu ago

Maluku Satu Rasa Dukung Pemilu Damai Di Kota Depok

BERIMBANG.COM , Depok - Terbentuknya Organisasi Masyarakat Dewan Pimpinan Wilayah Maluku Satu Rasa ( M1R) yang beranggotakan sekitar 200 orang… Read More

1 minggu ago

SMPN 1 Caringin Gelar Workshop Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru

BERIMBANG.COM, Bogor - SMPN Negeri 1 Caringin menyelenggarakan Workshop dengan tema meningkatkan kopetensi guru dalam mendesain media pembelajaran berbasis Power… Read More

1 minggu ago

Di Akhir Masa Jabatan, Kades Tugu Jaya Mengadakan Pembuatan Akte Kelahiran Dan Isbat Nikah

BERIMBANG.COM, Bogor- Meskipun di akhir jabatannya sebagi Kapala Desa Jugu Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Sugandi Sigit mengadakan kegiatan Isbat… Read More

2 minggu ago