Published On: Wed, Jun 6th, 2018

Pemkot Depok Gelar Itikaf Eksekutif II di Masjid Agung Baitul Kamal

Share This
Tags

BERIMBANG.COM, Depok – Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat mengelar I'tikaf 10 hari pertama di Masjid Agung Baitul Kamal. Moment itu dihadiri sekitar 400 orang dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan warga Depok.

"Kurang lebih sekitar 170 ASN hadir pada I'tikaf di 10 hari pertama ini. Selebihnya merupakan peserta umum yang merupakan warga Depok," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. (BKPSDM), Supian Suri disela acara, Rabu, (6/6) dini hari.

Sebagai penyelenggara, Supian mengatakan acara I'tikaf memiliki tiga poin penting bagi para ASN yakni, untuk meningkatkan komitmen ke Islaman bagi para ASN yang muslim. Dengan begitu akan muncul juga komitmen sebagai ASN sehingga mengerti betul akan hak dan kewajiban sebagai ASN.

Selanjutnya untuk membangun kekompakan para ASN, juga untuk lebih memaksimalkan ikhtiar di bulan suci ramadhan khususnya pada 10 hari malam terakhir.

Budaya I'tikaf juga diharapkan bisa dirasakan oleh seluruh pejabat Pemkot sehingga bisa menjadi contoh untuk di wilayah masing-masing mengingat budaya I'tikaf masih belum terlalu jadi budaya ditiap masjid di Depok.

"Karena itu, moment ini merupakan hal yang wajib dihadiri bagi para ASN terutama yang terkategori sebagai undangan seperti eselon II, III dan IV, untuk para Lurah,"  kata Kepala BKPSDM selaku penyelenggara acara I'tikaf.

Melalui Bagian Sosial, Pemkot Depok juga secara rutin mengelar dan memfasilitasi warga yang ingin Itikaf di Masjid Agung Baitul Kamal. "Pihak kami yang menfasilitasi keperluan acara Itikaf yang digelar pihak BKPSDM dan seluruh jamaah yang lakukan Itikaf di Masjid ini," kata Kabag Sosial, Marjaya. 

Mulai dari menu makan untuk berbuka puasa hingga makan sahur, pihak kami yang memfasilitasinya. Untuk 10 hari kegiatan I'tikaf di tahun lalu, kami memfasilitasi hampir 500 orang per hari," katanya.

Itikaf eksekutif II dengan tema Ikhtiar menjemput lailatul qodar di masjid Agung Baitul Kamal dimulai dengan buka puasa bersama, dilanjut dengan sholat tarawih, tausiyah, sholat malam berjamaah, sahur bersama dan sholat subuh. (Ko)

About the Author