Published On: Tue, Oct 1st, 2013

Membuat Penonton Konser (Rock) Lebih Pintar

Share This
Tags

BERIMBANG.COM – Sebagai penonton band, tipe penonton seperti apakah kamu? Apakah sudah disebut sebagai penonton yang ‘pintar’ atau ‘borok’. Apakah kamu adalah tipe penonton yang menunggu pintu masuk jebol? Ataukah kamu tipe penonton yang “bos, ada freepass gak?”, ataukah kamu tipe penonton yang nongkrong-nongkrong saja diluar dengan atribut fashion yang meyakinkan? What the heck… Sudah saatnya kita berangkul bersama menjadi penonton yang ‘pintar’. Saatnya berubah untuk menjadi lebih cerdas saat bersenang-senang.

Dalam Risetnya, Rock Concert Safety Survey menerangkan tentang pentingnya dan korelasi antara penonton yang ‘pintar’ dengan keberlangsungan konser berjalan lancar. Ada juga etika-etika buat penonton agar lebih ‘pintar’, kemudian ada juga crowd safe management yang mengatur “how to behave at a rock concert”. Tujuannya jelas: membuat penonton musik semakin pintar!

Langkah 1: Hal terbaik yang wajib dilakukan

  1. Datang tepat waktu saat ingin menonton konser. Dengan begitu kamu bisa berada di tempat strategis untuk menonton. Ini juga agar menghindari penumpukan penonton di luar venue saat konser sedang berlangsung.
  2. Mendengarkan arahan dari panitia keamanan, pihak keamanan, atau koordinator lapangan saat memasuki venue. Ini juga agar menghindari aksi ‘borok’ dorong-dorongan.
  3. Mematuhi aturan tertulis soal larangan minum alkohol atau menggunakan recreational drugs saat di dalam venue. Jika pun sudah memakai, alangkah baiknya tidak mengganggu orang lain. Tapi silakan nikmati saja buat diri kamu  sendiri.
  4. Bersikaplah wajar pada orang-orang di sekitar baik itu pada penonton lain atau band. Jangan bertingkah over-reaktif yang menjengkelkan orang lain, jangan melempar sesuatu pada band saat  tampil. Jika kamu tidak menyukainya lebih baik pergi keluar.
  5. Jagalah diri kamu baik-baik. Dalam suatu konser musik rock memang membutuhkan daya tahan tubuh yang prima. Terutama saat pogo dancing berlangsung. Makanya jangan terlalu mabuk, ntar gak prima. Kalau minum dikit tapi masih bisa sadar dan prima, okelah. Kamu tetap bisa menikmati show.
  6. Ikutilah flow musik dari band yang dimainkan. Berbaur bersama penonton lain dan bersikap apresiatif terhadap band adalah cara bersenang-senang menikmati konser yang menarik.
  7. Ketika sedang berbicara dengan temanmu, jangan menghina band yang tidak kamu sukai saat band tersebut tampil. Mungkin ada saja orang lain di sebelah kamu yang merupakan fans berat band yang kamu hina itu tersinggung. Ini bisa memancing amarah orang lain. Lebih bilang saja tidak suka atau tidak sesuai dengan selera dibandingkan dengan menghina.
  8. Tampil berpakaian sewajarnya. Jika konser musik rock maka berpakaianlah dengan kasual T-shirt berwarna hitam (karena tipikalnya seperti itu) meski tidak melulu diwajibkan hitam. Dress code dalam suatu konser bisa begitu menyenangkan karena kamu bisa begitu berbaur dan eksis dalam komunitas tersebut.
  9. Kalau bisa, tontonlah band pembuka selain band headline. Dukungan buat band-band pembuka ini membuat mereka bisa tampil lebih percaya diri. Mungkin saja suatu saat band pembuka tersebut bisa lebih besar dibandingkan band headlinenya itu sendiri.
  10. Enjoy yourself. Tujuan kamu datang ke gigs untuk bersenang-senang. Jadi silakan bersenang-senang dengan pogo dancing atau mosh pit. Orang lain juga ingin bersenang-senang, jadi bersikaplah saling menghargai. Kalau sampai terpukul, jangan sampai menjadi pemicu perkelahian. Kalau terpukul dikit, wajar saja, namanya juga konser rock!

Langkah 2: Tips

Hati-hati dengan aksesoris yang kamu pakai. Jangan memakai aksesoris yang dapat mencelakai orang lain seperti gelang paku, sabuk spiky, eyebrow piercing, atau benda-benda berbahan metal. Kalaupun memakainya, lebih baik bersikap hati-hati pada orang lain.

  1. Jangan mendorong orang lain yang  tidak berada di area mosh pit. Jangan sampai terjadi kontak fisik dengan orang lain. Kalau kamu ingin mengajak orang untuk mosh pit lebih baik dengan cara komunikasi berupa lambaian tangan dibandingkan dengan mendorong seenaknya.
  2. Jangan takut berada pada area mosh pit. Justru ini esensi bersenang-senangnya.
  3. Jangan memukul orang!!! Yah, jangan sampai memukul orang yang over reaktif, karena ini konser musik bukan arena tinju. Apak kamu mau dipukul juga oleh orang lain?
  4. Ketika ada penonton lain yang ngeselin, lebih baik konsentrasi aja pada band yang tampil. Jangan pedulikan orang-orang yang mendorong kamu dan mencoba            membalasnya. Have fun saja dengan musiknya oke.
  5. Bersikaplah saling tolong menolong ketika berada di area mosh pit. Saat ada penonton lain yang jatuh berusahalah untuk menolongnya bangun. Ingat unity!
  6. Kalau hapal lirik band tampil,sangan menyenangkan sekali jika ikutan sing along dan screaming. Dengan begitu band pun merasa lebih dihargai.
  7. Saat sedang crowd surfing, cobalah kamu juga membantu untuk mengangkat. Jangan sampai ada yang terjatuh kesakitan. Hal sama juga bakal dilakukan oleh orang lain saat kamu melakukan crowd surfing.

Langkah 3: Warning!

  1. Kalau kamu belum terbiasa dengan mosh pit, terutama saat konser musik hardcore, memang tak terdapat aturan-aturan tertulis soal tata cara untuk dancing. Kalau begitu, pelajari dan perhatikan penonton lain saat moshing di area mosh pit.
  2. Ketika ada orang yang  ingin maju ke depan stage untuk crowd surfing, lebih baik memberikan orang tersebut jalan.

 

Sumber: Ripple 2008 Oleh Idharrez

About the Author

Leave a comment

You must be Logged in to post comment.