Published On: Sat, Sep 30th, 2017

Jalan Perumahan Property Gemilang Lido Dibiarkan Rusak Oleh Pengembang

Share This
Tags

                                    
BERIMBANG.COM, Bogor – Warga yang bermukim diperumahan Properti Gemilang Lido ,Desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong kecewa dengan perlakuan pihak developer perumahan . Pasalnya, sudah lebih dari 3 tahun akses jalan utama perumahan untuk masuk maupun keluar perumahan rusak parah ditambah ada beberapa blok di belakang perumahan  sama sekali belum di aspal.

Menurut penuturan warga yang tinggal di RW 11,Dadang (blok A)NaNa (blok E) mengatakan bahwa jalan utama tersebut kerap membuat pengendara motor terjatuh karena jalan batu dan berlubang yang terbentuk dibadan jalan.

"Saya juga pernah lihat ibu ibu warga blok perumahan pulang mengantar anaknya sekolah ada yang jatuh karena terpeleset batu yang berserakan terjal di pintu utama masuk perumahan blok A ."ungkap Dadang Dan Nana . Sabtu (30/9/2017)

Ditambah dengan banyaknya mobilitas truk barang yang sering melewati jalur utama  perumahan Gemilang properti lido ciburuy tersebut membuat jalanan tambah rusak parah dan berlubang apalagi sekarang datang musim penghujan, jalanan menjadi tambah rusak dan becek terlebih warga sekitar jadi harus lebih waspada dikarenakan jika mengendarai  sepeda motor takut terjatuh atau terpeleset lagi.

Sementara itu, beberapa perwakilan warga setempat hendak mendatangi kantor pemasaran perumahan tetapi tak terlihat adanya tanda-tanda aktifitas didalam kantor pemasaran . 

Ketua RW 11, Kakan Sukandi mengatakan,  kantor pemasaran sering sekali ditinggalkan pegawainya selama berhari-hari.

"Itu sudah lama banget  kosong, harus datang ke kantor pusat yang berada di bogor cipor,kami juga nggak tau pada kemana itu orang nya. Sudah sering banget kosong begitu, dan kita juga udah sering protes ke developer nya melalui pihak pemasaran, tapi ngga di gubris padahal kami meminta jalan utama saja  dulu sampai blok E mesjid di dahulukan yang jaraknya cuma 400 meter, baru blok lainnya karena masih tahap pembangunan, terang Kakan sukandi.
 
Salah satu warga perumahan, Yosep menambahkan, jalan di perumahan adalah jalan Khusus dengan memperhatikan ketentuan pada UU No. 38/2004, jalan yang ada di perumahan/kompleks merupakan jalan yang dibangun oleh instansi (pengembang/developer) untuk kepentingan sendiri (warga perumahan). Jalan ini tetap menjadi jalan khusus, sepanjang status jalan tersebut tidak dialihkan kepada negara.         
      
" Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan Khusus, yang bertanggung jawab atas kondisi jalan-jalan di perumahan dan sekitarnya-baik pembuatan maupun perawatan-Adalah developer perumahan tersebut."Ucap yosep. ( Yosep Bonang )

About the Author