Published On: Thu, Aug 13th, 2015

Dugaan Cacat Tersembunyi, Vespa Primavera Dikeluhkan Pelanggan

Share This
Tags
vespa piagio

Vespa  Primavera yang dimiliki Elnard Peter yang mengalami kerusakan. (Foto : Ist)

BERIMBANG.COM – Pemilik Vespa Primavera Elnard Peter mengeluhkan dengan adanya gangguan yang terjadi saat Vespa miliknya digunakan kerap mati dijalan, padahal menurut peter pembelian vespa tersebut belum lama dibelinya di Cabang Vespa Buaran (PT. Meta Dwiguna Transcorp).

Dengan kejadian tersebut Peter menyayangkan dengan Vespa miliknya yang baru dibelinya pada tanggal 3 Juni 2015 mengalami kerusakan dan juga mempertanyakan kepada bengkel resmi untuk menindaklanjuti keluhannya  agar segera ditanggapi .

vespa piagio 1

Berikut Keluhan Pemilik Vespa Piaggio Primavera yang diterima Berimbang.com belum lama ini :

I. Kendaraan diserahkan tanpa PDI (Pre Delivery Inspection atau Inspeksi Pra Penyerahan) dan tanpa buku Manual Pemilik (Owners Manual).

II. Kendaraan memiliki cacat tersembunyi.
Cacat tersembunyi Sekunder ditemukan oleh mekanik resmi vespa setelah unit Vespa Primavera rusak (tdk dpt digunakan) selama seminggu yang terdiri dari 2 komponen:
1. ETS (Engine Temperatur Sensor)
2. O2S (Oxygen Sensor)

Cacat Tersembunyi utama adalah ECU (Engine Control Unit) karena GAGAL mendeteksi cacat tersembunyi ETS & O2S dan hingga kini belum diganti.

Cacat tersembunyi ketiga ditemukan pula dalam sistem transmisi CVT yang kerap bergetar dengan suara tidak wajar yang sudah diberitakan media tanpa ada jawaban yang konkrit.

III. Purna Jual dikeluhkan konsumen karena penggantian suku cadang cacat tersembunyi tanpa kemasan sewajarnya Genuine Parts.

Layanan Purna Jual kedua yang dikeluhkan adalah tidak sesuainya prosedur perbaikan yang dilakukan dengan SOP yang ditetapkan Piaggio selaku prinsipal.

Semestinya seluruh perbaikan cacat tersembunyi dapat dilakukan dengan 2 cara, pertama yang termudah menggunakan alat diagnosa dan bila gagal maka cara yang kedua adalah pemeriksaan kesesuaian komponen dengan yang tercantum dalam Pedoman Bengkel (Manual Workshop).

Contoh ETS dan O2S adalah piranti elektronik yang menghasilkan voltase listrik tertentu dan mengirimkan kepada ECU. Bila ECU gagal mengkomunikasikan salah satu atau kedua perangkat tidak berfungsi, maka akan diketahui alat diagnosa yang tersambung kepada ECU.

Dalam kasus ini ECU mengandung cacat tersembunyi karena gagal mengkomunikasikan kepada alat diagnosa, semestinya mekanik melakukan cara tradisional yakni melepas perangkat ETS dan O2S lalu memeriksa dengan multi-tester apakah sesuai resisten/tahanan sesuai spek pada Pedoman Bengkel.

Sejak usia motor baru sebulan pihak ATPM & Bengkel sudah diingatkan berkali-kali bahwa perbaikan WAJIB sesuai Pedoman Bengkel namun tidak diindahkan hingga motor rusak.

Ternyata pemilik lain Vespa Primavera juga alami hal yang sama namun ATPM tidak melakukan Kampanye Pemanggilan (recall) yang patut sesuai norma yang berlaku.

Konsumen merasa tertipu dan dirugikan oleh ATPM & Bengkel karena selama ini Purna Jual tidak melaksanakan SOP Perbaikan, Perawaran dan Pemeliharaan sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku

IV. Mutu dikeluhkan pula oleh konsumen karena dalam setahun unit Vespa Primavera miliknya telah dilakukan penggantian banyak komponen dengan status Warranty Claim.

Selain ETS, 02S, CVT, ternyata Suspensi depan juga sudah tidak berfungsi sehingga total komponen assy yang telah diganti sebanyak 5 buah, dan masih menunggu penggantian ECU.

IV. Konsumsi BBM 1liter:64km @50km/jam yang diberitakan diberbagai media elektronik fiktif karena keterangan itu dikeluarkan tanpa menyebut rinci unit Vespa Primavera yang dipasarkan di negara mana.

Bahwa konsumen sudah membuktikan dengan buku Pedoman Bengkel (Manual Workshop) untuk Vespa Primavera Amerika Serikat dan ternyata TIDAK SAMA dengan unit yang dimiliki.

Pihak bengkel hingga kini hanya menjelaskan ada 2 jenis Vespa Primavera namun tidak bersedia memperlihatkan Manual Workshop dan Parts Catalogue unit yang dimiliki konsumen.

Ketika Berimbang.com konfirmasi melalui sambungan telepon seluler kepada Kepala Cabang Vespa Pondok Indah, Harianto mengatakan tidak mengetahui dengan adanya cacat tersembunyi Vespa Primavera yang dimiliki Elnard  Peter dan untuk lebih lanjut supaya menghubungi bagian servis yang ada di Kantor Pusat.

“, Hubungin kantor pusatnya aja pak karena kami tidak mengetahui cacat tersembunyi yang dimaksud Pak Peter,” Kata Harianto.

Sedangkan General Manager PT. Meta Dwiguna Transcorp, Surya saat dihubungi menindak lanjuti konfirmasi Berimbang.com  Kepala Cabang Pondok Indah juga mengatakan baru mengetahui keluhan Bapak Peter.

“ Saya juga baru mengetahui keluhan Bapak Peter karena kabar tersebut juga baru sampai kesaya dan belum kami tindaklanjuti apakah benar ada cacat tersembunyi dengan Vespa miliknya,” Ujar Surya.(ye)

About the Author

Leave a comment

You must be Logged in to post comment.