Published On: Thu, Jun 12th, 2014

Diluncurkan “Sofware” Penangkap Pencuri Ponsel

Share This
Tags

BERIMBANG.COM – Lookout, sebuah perusahaan keamanan mobile di San Fransisco meluncurkan sebuah perangkat lunak yang disebut “theftie”, yang dapat mengirim foto pencuri kepada korban pencurian.

Melansir “The Financial Times”, “theftie” akan terpicu saat seseorang salah mengetik password, mengeluarkan kartu SIM atau mematikan ponsel, kemudian mengirimkan foto pencuri, disertai dengan peta lokasi ponsel dan pencuri tersebut kepada pengguna yang terdaftar.

Politisi Inggris dan Amerika terus menekan produsen ponsel, meminta mereka untuk mengambil langkah-langkah lebih membantu mengantisipasi terhadap pencurian ponsel.

Menurut sebuah laporan yang disusun IDG Research atas nama Lookout, bahwa di Amerika Serikat, Inggris, Perancis dan Jerman, ada 1/10 pengguna ponsel pintar pernah dicuri.

Apple dan Google telah meluncurkan perangkat lunak pelacakan ponsel yang hilang. Ponsel pintar terbaru yang diluncurkan LG Electronics pada 27 Mei lalu dilengkapi dengan fitur ‘kill switch’, pengguna ponsel dapat mengunci ponselnya dari jarak jauh, untuk mencegah orang lain mendapatkan informasi pribadi. Perangkat lunak ‘theftie’ dari Lookout selangkah lebih maju dari sisi membantu polisi menangkap pencuri.

Kevin Mahaffey, co-founder dan chief technology Lookout mengatakan, bahwa sistem alarm ponsel yang dicuri dirancang untuk layanan instant, yang secara cerdas menyediakan layanan bagi pengguna untuk menemukan kembali ponsel yang berharga berikut data yang dibutuhkan. Perangkat lunak ini juga membantu pengguna mem-backup data pribadi, mengunci ponsel atau menghapus data.

Perusahaan Lookout didirikan pada tahun 2007, adalah salah satu perusahaan pertama yang menaruh perhatian dari sisi keamanan. Di bawah kepemimpinan CEO baru Jim Dolce, Lookout kini tengah ekspansi ke luar negeri. Dolce sebelumnya menjabat sebagai CEO di Akamai Technologies dan Juniper Networks. (Joni/asari)

 

About the Author

Leave a comment

You must be Logged in to post comment.