Published On: Sun, Jul 2nd, 2017

Bolos Pasca Libur Lebaran, PNS Depok Bakal Kena Sanksi

Share This
Tags

BERIMBANG.COM,- Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkot Depok, Jawa Barat, dipstikan bisa terkena sanksi sesuai ketentuan PP No. 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Sanksi itu berlaku bagi PNS jika bolos kerja di hari pertama seusai libur Lebaran.

Berdasarkan surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) tentang Imbauan untuk Tidak Memberikan Cuti Tahunan Sebelum dan Sesudah Cuti Bersama Idul Fitri 1438 H, Pemkot Depok melalui Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) akan mengecek kehadiran PNS di tiap Organisasi Perangkat Daerah pada Senin 3 Juli 2017. Upaya pengecekan juga melalui elektronik dengan menarik data absen pada awal masuk, di tengah, dan akhir jam kerja. 

"Besok, teman-teman BKPSDM akan lakukan sidak ke OPD," terang Kepala BKPSDM Pemkot Depok, Supian Suri, Minggu,(2/7/2017)

Apabila kedapatan tidak ngantor, BKPSDM bakal memberikan sanksi hukuman disiplin kepada para PNS yang bolos kerja. “Kami akan berikan sanksi tegas sesuai aturan yang berlaku bagi PNS yang bolos kerja pasca cuti bersama lebaran," jelas Supian Suri.

Sanksi bagi PNS yang mengambil cuti tambahan atau bolos setelah Lebaran diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Dalam PP tersebut, sanksi PNS yang tidak masuk kerja tanpa izin dibagi menjadi tiga kategori, yaitu sanksi ringan jika tidak masuk selama 1-15 hari, sanksi sedang jika tidak masuk selama 16-30 hari, serta sanksi berat jika tidak masuk selama 31-46 hari. 

Sanksi berat bisa penurunan pangkat, penundaan kenaikan pangkat, sampai pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri.(KO)

About the Author